Wednesday, October 3, 2007

Me and my In-Law

Tinggal hitungan hari, saya dan anak-anak dijemput abang ipar dan ibu mertua untuk berhari-raya di rumah hubby. Rasanya deg-degan menunggu D-day. Bukan apa-apa sih, cuman saya belum pernah tinggal lama disana tanpa hubby. Dulu sekali, saya pernah menitipkan Daffa dan nanny-nya waktu saya harus pergi ke Beijing dan Scotland selama 5-weeks-in-a-row. Ketika menjemput pulang, saya cuman tinggal disana 2 hari sebelum heading balik ke Duri untuk kembali bekerja. Sekarang? Dua minggu, full....!!!

Ada perasaan deg-degan dan takut. Tipikal mother-in-law saya ini agak otoriter. Jadi, biasanya saya didikte apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Selama ini, kalau pikiran saya masih sehat, tidak terlalu capek dan tidak sedang uring-uringan, saya sih nurut aja. As long as bukan sesuatu yang prinsip, saya jalani saja. Toh saya tahu sekali maksud in-law saya baik. Cuman karena kita berbeda generasi dan kultur saja yang kadang2 suka terselip gap inbetween. Masalah timbul kalau saya lagi 'kumat' keras kepalanya. Kadang kalo disuruh melakukan sesuatu yang saya nggak suka, saya suka nyeletuk yang menyakitkan hati. Huhuhu.... ujung2nya sih saya sendiri yang menyesal karena menyakiti hati in-law. Tapi gimana sih, namanya juga bawaan sejak lahir.....

Nah, seperti kasus sekarang ini. Sebenarnya saya niatan mau berangkat ke Sidoarjo hari Rabu atau Kamis gitu. Soalnya Daffa liburnya cuman 2 hari sebelum dan 2 hari sesudah lebaran. Tapi sama in-law dibilang kalau hari Kamis itu sudah lebaran di Sidoarjo sana. Halah.... Sama beliau juga sudah di-set tim penjemput untuk hari Minggu, seminggu sebelum lebaran. Yo wis... Tidak ada sanggahan apapun yang bisa diterima untuk memundurkan hari mudik.

Pertama dengar kayak begitu, terus terang aja saya gondok bener. Sebel banget gitu loh, rencana saya tidak didengar. Maksud saya kan biar Daffa sesedikit mungkin mangkir dari sekolah. Sudah gitu, alasan yang saya dengar itu menurut saya irrasional banget deh. Mosok sih hari Kamis sudah lebaran disana. Emang Sidoarjo itu bukan wilayah NKRI gitu?

Tapi sesudah agak 'merenung' sejenak, saya bisa tersenyum lagi dan hilang sebel. Saya mikir, salah satu dasar pemikiran menjemput saya adalah karena in-law saya nggak tega kalau saya harus menyetir sambil taking-care anak2 selama 9 jam perjalanan. Kalau jelas sudah ditolong dan diperhatikan kayak begitu, alangkah tidak berterima kasihnya saya kalau sampe sebel apalagi gondok. Apalagi, in-law saya itu bukan jenis orang yang suka bepergian jauh, jadi menjemput ke Jogja itu adalah sesuatu yang dilakukan demi saya dan anak-anak.

Tanggapan hubby? Hmmm.... saya beruntung sekali mendapatkan suami yang amat sangat family oriented. Dulu sempat saya berpikir saya bakal dinomor-duakan setelah keluarganya. Tapi ternyata tidak ada nomor satu dan nomor dua. Semua penting dan semua terlibat satu sama lain.

No comments: