Sunday, April 13, 2008

Pefindo keluarkan peringkat 180 reksa dana

Bagi yang ingin mencoba-coba berinvestasi lewat reksadana, semoga berita dibawah ini bisa dijadikan salah satu referensi (dipetik dari Bisnis Indonesia Edisi Cetak, 14 April 2008).

JAKARTA: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengevaluasi 50 produk reksa dana saham dan 130 reksa dana pendapatan tetap berusia di atas dua tahun untuk menentukan peringkat reksa dana.

Direktur Pefindo Salyadi Saputra mengatakan proses pemeringkatannya sudah selesai, tetapi masih menunggu saat yang tepat untuk mengumumkannya.

"Kami telah melakukan evaluasi terhadap 50 produk reksa dana saham dan 130 produk reksa dana pendapatan tetap," ujarnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Dia menuturkan Pefindo akan mengeluarkan peringkat reksa dana pada awal Mei yang untuk sementara terbatas pada reksa dana saham dan pendapatan tetap. Rencana ini, mundur dari perkiraan semula pada akhir April.

Menurut dia, pemeringkatan reksa dana terproteksi sebenarnya sudah dikaji tetapi belum dikeluarkan bersamaan dengan pemeringkatan perdana reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap.

Dia menuturkan reksa dana saham baru populer dalam dua tahun terakhir sehingga sebagian besar produk reksa dana saham yang ada di pasaran saat ini belum berusia dua tahun.

"Dalam pemeringkatan kali ini, manajer investasi [MI] menyumbangkan rata-rata satu produk reksa dana saham yang masuk dalam syarat pemeringkatan," ujarnya.

Salyadi menambahkan Pefindo menilai kemampuan MI membuat reksa dana yang menghasilkan keuntungan (return) lebih tinggi dari pencapaian rata-rata.

"Produk reksa dana saham tentu harus menghasilkan keuntungan lebih dari return indeks harga saham gabungan(IHSG), sementara reksa dana pendapatan tetap berbasis obligasi harus memiliki return di atas rata-rata tingkat imbal hasil (yield) obligasi." (04)

No comments: