Wednesday, September 19, 2007

Nino belajar bicara

Sudah lewat subuh. Sudah ngantuk lagi, tapi berasa males mau tidur lagi. Tadi makan sahur kebanyakan minum, jadi berasa pengen pipis terus.

Hari kemarin saya spending time sama Mama-nya si Aryo. Yup, Madamme de Demangan. Main2 aja, trus muter2 jemput Daffa sekolah, jalan2 ke Sanggrahan, ke Taman Palem, mampir ke Taman Cemara (aka. rumah, hehehe), trus sebelum mengantar pulang beliau, kita jalan2 ke Saphire Square. Trus ngobrol2 di rumah beliau, ngobrolin banyak hal. Sampai dirumah berasa capeee... banget.

Saya akhir2 ini kalo lagi sendirian suka tersenyum2 simpul. Hush, ini bukan tanda2 gangguan mental dan spiritual. Saya cuman sering keingat kelakuan anak saya yang kecil, si Nino. Aduh, anak itu lucuuuuu banget. Bener-bener yang menghibur hati sekali kalau nungguin dia. Biar lagi setress apapun, asal ngelihat wajah dan tingkah laku Nino, pasti deh langsung ketawa.

Nino lagi belajar ngomong. Well, memang agak terlambat sih kalau dibandingkan Daffa dulu. Tapi saya tidak terlalu merisaukannya. Kan setiap anak memang unique dan tidak bisa diperbandingkan.

Nah, walopun masih tidak membentuk suatu kata yang jelas (huahhh... jauuuhhh dehh), tapi Nino ini sudah merasa bisa berkomunikasi sama orang2 disekitarnya. Jadi, dia yang style yakin kalo ngomongnya sudah lurus bakal marah kalo orang yang diajakin ngomong nggak ngerti maksudnya. He...he...he... yang suka iseng tuh si Daffa. Kalo diajakin ngomong sama si Adek, bukannya mensupport adiknya buat benerin pelafalannya, tapi malah ngetawain sambil terus mengulang2 pengucapan adiknya yang masih belum lurus. Tapi emang lucu banget sih.

Ini nih summary vocabulary dia, yang so far berhasil kami 'sepakati' sebagai kamus baru keluarga Muchtar

'Nggaakk' = Nah ini adalah kata pertamanya dia. Pokoknya manteph banget deh kalo dia sudah teriak untuk menolak sesuatu yang disodorkan padanya. Paling sering diteriakkan kalo disuruh mandi. He he he... nurun emaknya banget ya, segan mandi...

'Jajah' = gajah,

'Koo..' (agak panjang bunyi oo nya)= Yakult,

'Yang' = nah, kalo ini tergantung konteks kalimatnya. Mostly artinya adalah hilang. Tapi kalo kita sdg ada tamu yang berstatus eyang, maka artinya adalah Eyang.

'Yaya, Poo, Itsi, Ting...' = mudah ditebak, ini adalah pengurutan karakter teletubbies menurut versinya Nino.

'Katkat' = susu coklat.

'Ntin' = Tante Ristin, ini adalah pacar adik saya yang kebetulan lagi berkunjung ke Jogja dan tinggal di rumah kami.

'Mmm' = Om Oki

'Bang' = Abang

'Mama, papa' = ini sih sudah dilafalkan dg jelas semenjak lama. Kalau dulu suka nyebutinnya 'Papa Cang' 'mama Cang' dan entah kami nggak tau apa maksudnya. Pokoknya kalo manggil papa or mama pasti pake embel2 cang gitu.

'Tang' = ikan. Hi hi... ada cerita lucu nih. Kemaren waktu main ke Demangan, kita kan duduk2 di teras pinggir kolam renang. Trus Nino ini nengok2 kedalam kolam sambil nyari2 ikan lewat. Sudah dikasih tahu kalau disitu tidak ada ikannya, dia tetep nggak percaya. Malah ditambah sambil ngintip2in drainage di pinggir kolam. Sudah gitu, sambil ngumpet2 dia lempar2 kue ke dalam kolam dg maksud mo ngasih makan ikan...:)) Dasar anak-anak..

'Mamam' = kalo yang ini, sering diucapkan kalo dia sedang jalan2 sore, trus liat anak tetangga makan. Biasanya terus dia menggumamkan 'mamam' sambil berjalan pulang. Maksudnya ya minta makan gitu loh...

Kosa kata yang lain sedang on progress di proses sama CPU dia. Jadi, sekarang ini kalau ngomong ke Nino harus yang jelas dan lambat. Tapi mungkin karena memang sedang masanya 'peka bicara', jadinya tiap kali kita melafalkan sesuatu dg jelas, dia pasti langsung mencoba menirukan.

Hehehe, bagus deh. nanti kalo sudah bisa berbicara dan berkomunikasi, kita rencana mau masukkan dia sekolah di Sunsmile. Sebenarnya dari kemarin2 sudah kepengin sih nyekolahin Nino. Tapi kuwatirnya nanti kalo dia bingung bahasa sebelum bisa ngomong, trus anaknya jadi depresi karena susah mengekspresikan kemauannya. Jadinya, yo wis, tunggu dulu dia bisa berbicara dalam bahasa Indonesia. Setidaknya, kami mengerti kemauan dia dalam hal-hal kecil sehari-hari.

No comments: