Thursday, August 30, 2007

Elegi jajan pasar

Beberapa hari ini kok saya fascinated sama yang namanya jajan pasar. Yup, jajanan yang murah, meriah, tidak bergizi dan jelas tidak higienis. Biasanya hubby tuh yang suka beli2 jajanan yang menurut saya tidak higienis, dan saya amat sangat jarang menyentuhnya. Kuwatir sakit perut atau alergi...(Beneran nih. Sekali dalam tiga kali saya makan sesuatu yang diragukan kehigienitasannya, saya bermasalah dg perut. Efeknya jadi serasa makan broklat. Pokoknya sengsara deh...)

Dua hari yang lalu, sepulang saya dari tempat senam, saya sempatkan untuk belanja di pasar. Kebetulan di dekat pintu keluar gym, ada ibu2 setengah baya yang berjualan pecel, mi dan jaek (ini istilah para pembeli yang mengerumuni ibu tersebut. Saya curiga, sebenernya kata aslinya adalah Cap Cay, yang sering terpelesetkan menjadi Cap Jaek). Ada juga tahu bacem, tempe bacem, bongko mlandingan/lamtoro (yang menurut istilah saya sbg Temanggung adalah pelas). Sebenarnya sering saya lewat di depan meja ibu itu dan tergoda untuk ikut mengerubungi dan membeli. Sempat waktu itu saya sudah antri agak lama, tapi mengurungkan niat gara-gara saya lihat lalat-lalat yang begitu lincahnya bermanuver diatas dagangan beliau.

Tapi entah kenapa, dua hari yang lalu itu kok saya agak tidak begitu mempermasalahkan ttg higienitas. Saya mantep aja ikut antri, saking tergodanya melihat Jaek yang teronggok dalam baskom. Sebenernya jujur aja, saya agak ragu juga belanja makanan disitu. Selain lalat2 yang alhamdulillah sudah banyak berkurang dibanding kunjungan saya semusim yang lalu, si ibu penjual rupanya sedang agak flu. Beliau terbatuk2 di atas dagangannya tanpa ada rasa rikuh. Boro2 pake masker, wong pake tangannya aja ndak sempat. Tapi saya tetep bergeming antri, dalam hati saya, 'Biarin deh, after so long time... Itung-itung nostalgia.'

Singkat cerita, sore itu saya pulang dg membawa oleh2 4 bungkus mie-jaek. Rencananya sih sebungkus buat saya (super pedas), sebungkus buat si Embak, sebungkus buat Dik Oki, dan sebungkus sisanya dibagi berdua untuk anak-anak. Biar mereka juga belajar mengenal jajan pasar gitu.

Begitu sampai dirumah, saya buka satu bungkus dg tidak sabar. Bener2 yang sudah memendam nafsu semenjak dari pasar tadi. Nyammmm.... huenak, rek !! Ludes satu bungkus jatah saya tanpa bersisa. Sempat juga saya ambil separo jatah Dik Oki yang tidak tersentuh. Saya lirik jatah anak-anak. Anak-anak masih jalan2 sore sama si Embak. Hmmm.... sepuluh menit mereka nggak datang, wasalam deh sama bungkusan itu...

Belum lagi sepuluh menit berjalan, tiba2 saya merasakan sesuatu yang aneh di belakang telinga. Berasa tebal dan gatal. Eh, tidak lama kemudian, rasa itu menjalar ke leher dan punggung. Saya coba lihat dari cermin, ternyata leher, dada, punggung dan telinga saya merah berbentol-bentol. Hwarakadah.... guatalnya minta ampun... Tidak diragukan lagi, saya alergi dg salah satu unsur penyusun jajan pasar tadi. Huah... hilang deh nikmat yang sudah mulai menjalar sampai ke hati...

Batal jugalah sebungkus jatah untuk anak-anak. Soalnya menurut histori keluarga kami, apa yang saya tidak bisa makan, sebaiknya anak-anak juga tidak makan. Sejarah alergi mereka lebih parah dari sejarah alergi saya.

Pagi tadi, saya malas mo berangkat belanja ke warung. Saya cegat embak penjual sayur naik sepeda yang sering lewat di blok kami. Waktu ngecek apa yang dia bawa, saya lihat beberapa bungkus tiwul dan gatot. Waahhh.... mata saya yang langsung berbinar-binar mengenali jajan pasar paling favorit saya: tiwul !! Sesaat saya inget alergi saya dua hari yll dg mie-jaek dari pasar. Tapi ini kan tiwul. No harm gitu loh... Iya, kan? Ndak ada sejarahnya orang keracunan atau alergi tiwul, kan? Orang Gunung Kidul malah makan tiwul sebagai pengganti nasi (iya nggak, sih?). Dengan berbekal pemikiran2 tadi, saya borong 3 bungkus tiwul si embak. Dan sodara-sodara.... ini adalah tiwul terenak yang pernah saya makan. Mak nyussss.... bener !! Dan saya aman sentosa selamat sampai detik ini saya menulis di blog ini.

No comments: